20 Peluang Usaha di Desa atau Kampung Yang Menguntungkan

Peluang Usaha di Desa - Hallo sahabat Bactiar.com, bertemu lagi ya degan berbagai informasi menarik yang bisa kamu simak hari ini, karena kali ini kita akan membahas hal yang menarik mengenai beberapa informasi peluang usaha dan bisnis yang pas ataupun sangat cocok yang bisa kamu jalankan meskipun kamu tinggal di daerah pedesaan ataupun yang tinggal di kampung.

Tinggal di desa bukan berarti kita tidak bisa berkembang dan kalah dari orang yang tinggal di kota. Bahkan banyak sekali kesempatan untuk menjadi orang sukses, karena di desa atau kampung kesempatan menjadi sukses juga terbuka lebar. Dan semua itu butuh perjuangan serta kerja keras, selama kita mau berusaha maka kesuksesan akan datang menghampiri kita.

Dan bagi kamu yang tinggal di pedesaan atau di kampung, ada beberapa peluang usaha dan juga bisnis yang bisa kamu jalankan. Untuk lebih jelasnya kamu bisa menyimak informasi tersebut dalam artikel Bactiar.com kali ini. Inilah beberapa daftar nama peluang usaha dan bisnis di desa ataupun bisnis di kampung yang bisa kamu jalankan, diantaranya adalah.

Peluang Usaha dan Bisnis di Desa (Kampung)
Peluang Usaha dan Bisnis di Desa (Kampung)


Peluang Usaha dan Bisnis di Desa (Kampung)

  1. Pom Bensin Mini
Adapun salah satu peluang usaha di desa yang bisa kamu jalankan kali ini adalah dengan membuka pom bensin mini. Karena saat ini, alat transportasi yang menggunakan bahan bakar minyak atau BBM sudah tersebar dan menjangkau ke semua tempat, termasuk desa-desa terpencil. Oleh karena itulah peluang usaha di desa ini sangat cocok menjadi usaha yang menguntungkan bagi kamu.

Karena, penyebaran stasiun pengisian BBM belum seluas penyebaran alat transportasi, maka kamu dapat menyediakan peluang usaha di desa ini dengan mendirikan pom bensin mini. Dalam peluang usaha di desa ini produk dan layanan kamu akan pasti akan dibutuhkan karena akan memberikan kemudahan bagi pemilik alat transportasi di desa untuk membeli bahan bakar.
  1. Service elektronik
Selanjutnya peluang usaha di desa yang bisa kamu jalankan kali ini adalah dengan membuka jasa service elektronik. Karena masyarakat pedesaan masih berpedoman bahwa barang elektronik merupakan saah satu barang yang berharga bagi mereka, jadi biasanya jika barang elektroniknya rusak mereka pasti kecenderungan untuk memperbaiki atu service barang tersebut daripada dengan membeli yang baru.

Bagi kamu yang memiliki ketrampilan dalam bidang elektronik, maka kamu yang tinggal di desa bisa sekali membuka peluang usaha di desa yang satu ini.apalagi jika pelayanan yang kamu berikan sangat memuaskan, maka dijamin kamu akan memiliki banyak pelanggan dan tentunya peluang usaha di desa ini akan sangat menjanjikan keuntungan yang besar.
  1. Jualan Pulsa Elektrik
Berjualan pulsa elektrik juga merupakan salah satu bisnis di kampung yang bisa kamu jalankan loh. Jika dahulu ponsel hanya di miliki oleh orang kota, tetapi kini ponsel atau bahkan smartphone sudah di miliki oleh banyak orang entah itu orang kota maupun orang desa dan pastinya dengan adanya ponsel tersebut mereka akan membutuhkan yang namanya pulsa.

Karena itulah bisnis di kampung ini memang bisa dibilang sangat menguntungkan, sebab hal itu tidak bisa lepas dari perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Dengan bisnis di kampung tersebut kamu bisa memulai usaha berjualan pulsa, selain menjual pulsa untuk HP kamu juga bisa menjual pulsa token listrik yang kebanyakan listrik sekarang bisa diisi dengan pulsa juga.
  1. Usaha Menjahit
Usaha menjahit ternyata juga merupakan salah satu bisnis di kampung yang sangat cocok bagi kamu yang memiliki keahlian dalam bidang menjahit, baik itu laki-laki maupun perempuan. Apalgi bagi kamu yang suka dengan gay fashion terbaru, kamu bisa menuangkan ketrampilan kamu dalam bisnis di kampung ini dan pasti masyarakat akan sangat menyukai pakaian jahitanmu kamu.

Jika kamu ingin membuka bisnis di kampung dengan menjahit, maka kamu bisa membangun kios dan mencari karyawan. Jadi kamu tinggal memantau dan mengembangkan bisnis di kampung kamu untuk menerima pesanan jahitan.
  1. Budidaya Ikan
Bisnis di desa yang sangat menguntungkan kali ini dan bisa juga kamu coba adalah dengan membuat budidaya ikan. Bisnis di desa ini bisa kamu coba untuk mendapatkna kuntungan yang lebih besar, karena tak sedikit masyarakat yang membutuhan ikan sebagai makanan atau lauk sehari-hari.

Dalam bisnis di desa ini kamu harus menentukan jenis ikan apa yang akan kamu budidaya, apakah ingin membudidayakan ikan pedaging atau ikan hias. Tetapi yang paling tepat dalam bisnis di desa ini dengan membudidayakan ikan lele, karena perawatannya cukup mudah. Apalagi ikan ini bisa bertahan hidup meski di dalam air keruh.
  1. Usaha Pembuatan dan Pengemasan Makanan ringan
Usaha pembuatan makanan ringan dan pengemasan makanan ringan seperti keripik, dodol, jenang, kerupuk, jajanan khas suatu daerah merupakan bisnis di desa yang bisa dikembangkan dengan mudah. Meskipun merupakan bisnis di desa yang kecil, tetapi bisnis ini memiliki potensi yang bisa di kembangkan ke daerah lain agar mendapatkan keuntungan yang lebih.

Bisnis di desa ini juga bisa dilakukan dengan pengemasan makanan ringan yang sudah dibungkus dengan kemasan lebih kecil dan di jual kewarung warung terdekat atau supermarket. Jika kita mengandlakan kualitas dalam bisnis di desa ini, kemungkinan bisa menjadi peuang usaha yang cukup menguntungkan.
  1. Toko Pakaian
Sejanjutnya yang juga merupakan bisnis di kampung yang bisa kamu tekuni kali ini adalah dengan membuka toko pakaian. Karena pakaian atau sandang merupakan kebutuhan pokok manusia, jadi tidak heran bila usaha di bidang ini akan lebih mudah berkembang. Apalagi di desa jarak antara tempat tinggal dan tempat menjual pakaian di tengah kota sangat jauh.

Sebab itulah denagn bisnis di kampung dengan membuka toko pakaian ini akan menjadi solusi terbaik untuk masalah ini. Bahkan kamu juga akan lebih mudah mengembangkan ide usaha ini, kamu bisa mendapat lebih banyak konsumen dan keuntungan bila pakaian yang kamu jual memiliki mode terbaru dan juga terupadate tentunya.
  1. Ternak Hewan
Peluang usaha di desa berikutnya yang bisa kamu kembangkan ini adalah dengan beternak hewan. Karena bukan rahasia umum lagi apabila ternak hewan menjadi primadona peluang usaha di desa yang sangat menguntungkan dan menjanjikan.

Kamu bisa membuka peluang usaha di desa ini dengan mudah karena tersedianya makanan hewan yang melimpah seperti rumput. Adapun contoh hewan yang bisa kamu budidayakan dalam peluang usaha di desa ini cukup beragam seperti sapi, kerbau, kambing, ayam dan lain sebagainya.
  1. Pengepul Hasil Panen
Dengan banyaknya penduduk desa yang berprofesi sebagai petani, maka bisa menjadi  peluang usaha di desa bagi kamu yakni sebagai pengepul hasil panen. Karena berbagai hasil panen lebih mudah kamu dapatkan di daerah pedesaan. Hal ini sangat cocok bagi kamu memulai usaha penjualan hasil panen dengan hasil yang sangat menguntungkan.

Dalam peluang usaha di desa ini kamu dapat menjadi distributor yang membeli dari petani lokal lalu mengirimkannya ke pasar atau menjualnya langsung di tempat dirumah. Semua itu bias kamu lakukan dan kamu juga harus mengetahui bagaimana keadaan harga dipasarannya.
  1. Bisnis Online
Dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih, maka internetpun menyebar semakin luas pulsa ke pelosok daerah. Hal ini bisa menjadi bisnis di desa yakni dengan membuka bisnis online. Bisnis online merupakan sebuah bisnis yang di jalankan secara online melalui laptop atau komputer yang terhubung dengan internet.

Bisnis di desa yang satu ini memang sangat menjanjikan untuk di coba, selain mudah menjalankannya, pekerjaan ini juga sangat menyenangkan. Dalam bisnis di desa ini banyak yang bisa kamu jual seperti menjual bibit tanaman online, pakaian online, kue online dan msih banyak lagi produ yang bisa kam tawarkan melalui sosial media.
  1. Menjual Bibit Tanaman
Menjual bibit tanaman juga merupakan investasi yang sangat baik untuk bisnis di kampung. Bisnis ini relatif kecil dengan modal awal pembelian bibit dengan skala besar tentu akan murah harganya. Jadi dengan adanya bisnis di kampung ini kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih.

Dalam mengerjakan bisnis di kampung ini kamu harus mempersiapkan lahan untuk pembibitan serta kebun induk yang dirintis untuk kedepannya, sebagai kebun induk untuk entres berbagai macam bibit tanaman. Potensi bisnis di kampung ini bisa dikembangkan dengan memperluas areal kebun bibit atau dengan mensuplai bibit tersebut ke daerah lain.
  1. Membuka Toko Kelontong
Peluang usaha di desa dengan membuka toko kelontong ini sangat cocok di jalankan sebagai bisnis sampingan untuk ibu rumah tangga. Toko kelontong merupakan toko dengan ukuran yang sederhana dimana menjual keperluan sehari-hari para ibu rumah tangga seperti bahan sembako, makanan ringan, bumbu, perabot rumah tangga dan lain sebagainya yang dibutuhkan sehari-hari.
  1. Reseller
Menjadi reseller adalah salah satu peluang usaha di kampung yang sangat menguntungkan. Dengan hadirnya media online akan semakin memudahkan transaksi jual beli dimana saja, termasuk hingga ke kawasan daerah pedesaan yang terpencil yang masih terjangkau konseksi internet. Dengan adanya koneksi internet ini, bisa dimanfaatkan untuk memulai peluang usaha di kampung dalam bidang online shop.

Dalam peluang usaha di kampung ini beragam jenis barang yang bisa ditemui di media online yang kamu jual seperti produk kecantikan, baju, tas, suplemen dan lain sebagainya. Dengan menjadi reseller atau dropshoper tentunya dapat berpotensi memberikan keuntungan yang lumayan tinngi. Apalagi peluang usaha di kampung ini juga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja sehingga lebih mudah dan cepat.
  1. Peluang Usaha Kursus
Kalo peluang usaha di desa yang juga sangat menguntungkan ini adalah dengan membuka usaha kursus. Mencari ilmu bisa dilakukan dimana saja salah satunya di sekolah. Karena pemerintah mendorong masyarakat agar meningkatkan pendidikan dengan program wajib belajar 9 tahun. Hal ini merupakan peluang usaha di desa ini di bidang jasa pendidikan yang bisa kamu coba.

Selain itu ada juga pendidikan yang dilakukan di luar sekolah yang bisa menjadi peluang usaha. Contohnya adalah kursus dan bimbingan belajar bahasa inggris. Karena tuntutan zaman saat ini memaksa kita untuk menguasai bahasa internasional agar lebihmudah bersaing. Potensi inilah yang menjadi peluang usaha di desa yang sangat menjanjikan.

peluang usaha di desa dengan bimbingan belajar ini akan semakin berkilau ke depannya, selama masih banyak orangtua yang sibuk dengan pekerjaannya tetapi menginginkan anak-anaknya berprestasi di sekolah. Dan orang tua tidak memiliki waktu untuk mendampingi anak-anaknya belajar sehingga mempercayakan kepada lembaga bimbingan belajar untuk memberikan jam belajar tambahan.
  1. Bisnis makanan khas Daerah
Selanjutnya peluang usaha di kampung yang bisa kamu jalankan ini adalah dengan membuka bisnis makanan daerah. Karena setiap daerah memiliki penghasilan khas daerah tersebut seperti hasil perkebunan salak, pisang, papaya, dan lain sebagainya. Agar hasil kebun tersebut dapat menghasilkan pendapatan, maka tentu sangat bisa diolah menjadi olahan makanan.

Dalam peluang usaha di kampung kamu bisa mengolah hasil perkebunan tersebut menjadi brbagai olahan seperti keripik buah, atau makanan khas lainnya yang bisa menjadi ladang usaha. Dengan adanya media sosial, bisnis makanan di pedesaan bahkan bisa dipasarkan lebih luas lagi sehingga tentu sangat berpotensi menjadi peluang usaha di kampung yang menguntungkan.
  1. Bisnis Pengembang Aplikasi
Ada lagi peluang usaha di kampung yang sangat menguntungkan yakni dengan membuka bisnis pengembang aplikasi. Banyak orang yang menyerah sebelum mencoba apabila mendengar bisnis yang ada kaitannya dengan dunia aplikasi. Padahal saat ini aplikasi sangat potensial untuk menghasilkan pundi-pundi uang berupa dollar.

Peluang usaha di kampung ini yang sangat pas untuk di kembangan saat ini seperti aplikasi android, karena untuk menjalankan bisnis ini tidak memerlukan ijazah sarjana, yang terpenting adalah kemampuan dalam bidang tersebut. Jadi tidak ada salahnya menjadi pengembang aplikasi karena memulai peluang usaha di kampung ini tidak membutuhkan dana yang besar, yang penting memiliki laptop.

Seperti contohnya Henry Jufri, beliau adalah orang yang kesehariannya bekerja sebagai kuli panggul di pelabuhan di Makasar, tetapi dengan dorongan ingin merubah masa depan, orang dengan ijazah SD ini belajar membuat aplikasi dan saat ini sudah bisa menghasilkan ribuan dollar dari aplikasi yang di buatnya.
  1. Perabot Rumah Tangga
Berikut ini adalah peluang usaha di desa yang juga bisa kamu coba adalah berjualan perabit rumah tangga. Biasanya ibu rumah tangga yang tinggal di kawasan pedesaan akan mengalami kendala jika ingin berbelanja kebutuhan perabot rumah, seperti peralatan dapur, barang elektronik, kasur, lemari, dan lain sebagainya.

Untuk itulah adanya peluang usaha di desa yang menyediakan perabot rumah tangga ini menjadi salah satu peluang usaha di desa berkembang yang sangat menguntungkan. Karena mereka tidak perlu jauh-jauh pergi ke kota untuk membeli perabotan yang mereka butuhkan.
  1. Berkebun
Peluang usaha di desa yang sangat menguntungkan dan banyak digeluti ini adalah dengan berkebun. Selain menjadi pengepul hasil tani, sebagai warga desa biasanya tanah desa lebih subur dan banyak lahan perkebunan yang bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Daam menjalanan peluang usaha di desa ini kamu bisa melakkannya dengan menanam tanaman yang dapat dijual kembali, seperti jagung, pohon mangga, rambutan, sayuran, dan tanaman lainnya. Dan ketika musim panen tiba, hasil kebun tersebut tentu bisa dijual kembali baik dalam bentuk buahnya atau dalam bentuk olahan makanan yang lain yang sangat menguntungkan.
  1. Peluang Usaha Konveksi
Membuka usaha konveksi adalah salah satu peluang usaha di kampung yang juga wajib kamu coba. Karena saat ini banyak orang yag membuka usaha ini dan sukses besar. Pakaian adalah kebutuhan pokok manusia selain pangan dan papan. Artinya peluang usaha di kampung dalam jasa pembuatan baju dan pakaian akan selalu dibutuhkan dimanapun kamu berada termasuk di desa.

Jika kita kreatif dalam menjalankan peluang usaha di kampung ini makan usaha konveksi di desa akan tumbuh dengan cepat karena minimnya saingan yang ada. Yang terpenting dalam menjalankan peluang usaha di kampung ini adalah ilmu yang tepat dari seseorang yang telah sukses dengan bisnis konveksi. Jadi kamu bisa belajar banyak tentang usaha ini.
  1. Usaha Properti
Masih ada lagi peluang usaha di desa yang bisa kamu coba yakni dengan membuka usaha properti. Bisnis properti memang cukup melambung saat ini, mungkin karena harga properti yang terus tinggi. Tetapi peluang usaha di desa dalam bidang properti ini sebenarnya merupakan jenis usaha modal besar. Karena beberapa properti dengan nilai jual yang meningkat sangat banyak macamnya.

Dalam menjalankan peluang usaha di desa ini kamu bisa menjual properti seperti rumah, tanah, rumah kontrakan, kos, bangunan, ruko, sawah, hotel, apatermen dan masih banyak lagi properti lainnya. tetapi jika kamu tidak memiliki modal, maka kamu bisa menjadi perantara antara pemilik properti dengan calon pembeli property tersebut agar peluang usaha di desa ini tetap berjalan.
Nah sahabat Bactiar.com itulah tadi beberapa Peluang usaha di desa atau bisnis di kampung yang sangat menjanjikan dalam menghasilkan uang tambahan. Bagi kamu yang tinggal di desa atau di kampung bisa mencoba beberapa Peluang usaha di desa dan juga bisnis di kampung seperti diatas. Cukup sekian informasi yang Bactiar.com sampaikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.