9 Peluang Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil

Peluang Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil - Hallo sahabat Bactiar.com kita jumpa lagi dengan artikel manarik kali ini. Nah bagi kamu yang sedang bingun ingin membuka usaha sampinagn untuk mendapatkan penghasilan tambahan, sebaiknya kamu simak beberapa informasi Bactiar.com di bawah ini mengenai peluang usaha sampingan yang bisa kamu jalankan dengan modal yang kecil.

Banyak kesempatan untuk menjalankan usaha sampingan yang bisa dijadikan sebagai penghasilan tambahan atau mungkin bisa menjadi rencana keuangan jangka panjang. Tetapi tidak sedikit orang yang menjadikan waktu kerja mereka sebagai alasan tidak bisa menjalankan usaha sampingan tersebut. Usaha sampingan bisa dijadikan untuk penghasilan tambahan yang lumayan.

Siapa sangka bisnis yang berawal dari ide sederhana ini bisa mendatangkan uang yang sangat banyak. Jika kamu masih bingung akan akan usaha apa, berikut ini artikel Bactiar.com akan menjelaskan mengenai apa saja usaha sampingan dengan modal kecil yang bisa kamu coba.

Peluang Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil
Peluang Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil


Peluang Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil

  1. Laundry Kiloan
Salah satu usaha sampingan dengan modal kecil yang bisa kamu coba kali ini adalah dengan membuka usha laundry kiloan. Pebisnis di bidang ini juga sudah mulai menjamur, khususnya di daerah yang dekat dengan daerah kampus maupun tempat kerja. Banyaknya pengusaha yang terjun membuat persaingan menjadi ketat sehingga tarifnya pun juga lebih bersaing.

Untuk memulai usaha sampingan dengan modal kecil ini hal utama yang perlu dipertimbangkan adalah pangsa pasar. Tempat yang terdapat banyak mahasiswa dan karyawan swasta atau pegawai negeri sipil adalah lokasi yang paling tepat untuk membuka usaha ini.

Memulai usaha sampingan dengan modal kecil ini cukup dengan modal Rp7,5 juta saja. Uang tersebut setengahnya untuk membeli sebuah mesin cuci satu tabung otomatis, dan sebuah mesin pengering. Setengahnya lagi untuk membeli perangkat pendukung seperti timbangan, plastik, dan setrika serta untuk menggaji seorang pegawai yang menjalankan pekerjaan ini.
  1. Cuci Motor dan/atau Mobil
Selanjutnya usaha sampingan dengan modal kecil yang sangat menguntungkan kali ini adalah membuka cuci motor atau mobil. Bisnis ini seolah tak pernah sepi karena banyak pemilik kendaraan yang lebih memilih jasa cuci profesional dibandingkan dengan mencuci sendiri.

Untuk menjalankan usaha sampingan dengan modal kecil ini modal yang dibutuhkan relatif terjangkau. Kamu hanya perlu menyediakan pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor, dan peralatan semir ban motor. Semua barang tersebut bisa didapatkan dengan dana paling tidak Rp2 juta untuk jasa cuci motor sederhana, atau maksimal hingga sekitar Rp10 juta jika ingin membuat jasa cuci motor yang lebih profesional.
  1. Desain Grafis
Desain grafis juga merupakan salah satu usaha sampingan dengan modal kecil yang bisa kamu jalankan. Usaha sampingan ini sangat cocok bagi karyawan yang bekerja di perusahaan desain grafis. Di sela-sela pekerjaan utama, kamu bisa menawarkan jasa ke rekanan yang kamu kenal atau melalui beberapa marketplace.

Dalam usaha sampingan dengan modal kecil ini yang banyak dicari adalah kartu nama, logo, baju, maskot, poster, booth dan interior. Beberapa markteplace penyedia jasa jual membeli desain grafis ini adalah sribu.com dan projects.co.id, 99designs.com, elance.com, dan upwork.com. Bisnis ini tidak membutuhkan modal berarti, hanya cukup koneksi internet dan kreatifitas saja.
  1. Les Privat 
Jasa mengajar privat juga merupakan usaha sampingan dengan modal kecil yang mudah dijalankan. Kamu bisa memulainya dari rumah ke rumah mendatangi murid-murid. Tetapi nantinya jika sudah mulai dikenal dan punya banyak murid, kamu bisa membuka tempat les sendiri di rumah sehingga bukan kamu yang keliling, tetapi para murid lah yang akan datang ke rumah kamu untuk belajar.

Untuk menjalankan usaha sampingan dengan modal kecil ini modal yang dibutuhkan relatif kecil. Jika kamu yang keliling mendatangi murid berarti modal yang diperlukan hanyalah untuk transportasi. Jika kamu membuka les di rumah, berarti modalnya peralatan tulis dan ruang belajar, paling tidak membutuhkan modal sekitar Rp1 juta saja, kamu sudah bisa menjalankan usaha ini di rumah.
  1. Menjahit Pakaian 
Berikutnya usaha sampingan dengan modal kecil yang satu ini sangat menguntungkan yakni membuka jasa menjahit pakaian. Jika kamu memiliki keterampilan menjahit pakaian, amu bisa memanfaatkannya untuk melayani jasa menjahit pakaian pada. Perlu diingat kembali bahwa konsep usaha sampingan adalah untuk membuat waktu luang lebih bermanfaat dan dapat menghasilkan uang.

Membuka usaha sampingan dengan modal kecil ini kamu bisa membeli mesin jahit bekas di toko terdekat. Dana yang diperlukan untuk membeli mesin jahit, mesin obras, dan perlengkapan lainnya kurang lebih adalah sebesar dua jutaan saja. Selanjutnya cari pelanggan dari orang-orang di sekitar kamu. Batasilah pesanan jahit sesuai dengan kemampuan dan waktu yang kamu miliki.
  1. Penerjemahan 
Adapaun usaha sampingan dengan modal kecil yang mudah dilakukan ini adalah dengan menjadi jasa penerjemah. Jika kamu menguasai suatu bahasa asing, maka keahlian tersebut sangat dibutuhkan. Penerjemah terbagi menjadi dua golongan, yaitu penerjemah profesional dan penerjemah pemula. Tetapi semua profesional bermula dari pemula juga.

Usaha sampingan dengan modal kecil ini memberikan hasil yang cukup berarti. Sebagai contoh, kamu memberlakukan tarif penerjemahan sebesar Rp50/kata. Jika dalam satu halaman ada 500 kata, maka kamu sudah berhasil mengantongi sebanyak Rp25 ribu. Kemudian, apabila kamu bisa menyelesaikan 10 halaman dalam satu hari, maka keuntungan kamu dalam sehari adalah sebesar Rp250 ribu.

Untuk menjalankan usaha sampingan dengan modal kecil ini modalnya relatif mudah dan murah, antara lain adalah laptop dan koneksi internet. Internet adalah modal pokok yang perlu ada dan bisa digunakan untuk melakukan riset yang diperlukan. Lokasi kerjanya pun fleksibel, bisa di kantor, cafe, atau rumah. Marketplace yang banyak digunakan untuk menjual jasa ini adalah freelancer.co.id dan sribulancer.
  1. Pengetikan 
Jasa pengetikan juga menjadi usaha sampingan dengan modal kecil yang bisa kamu coba. Bisnis ini umumnya paling laku di daerah sekitar kampus. Tarif yang biasanya digunakan untuk jasa ini biasanya berdasarkan per halaman atau per kata. Usaha ini tidak memakan biaya yang besar. Kamu hanya butuh beberapa perangkat yakni komputer atau laptop, printer, kertas HVS, scanner, dan lain sebagainya.

Untuk menjalanan usaha sampingan dengan modal kecil ini kamu harus mencari lokasi yang strategis. Bahkan seiring perkembangan teknologi, usaha jasa pengetikan ini juga bisa dilakukan secara online. Pemilik usaha bisa mempromosikan usahanya melalui blog atau marketplace. Media promosi seperti selebaran atau pamflet dan juga internet adalah ide yang bagus.
  1. Makelar Properti 
Berikutnya usaha sampingan dengan modal kecil yang sangat menguntungkan ini adalah menjadi makelar properti. Karena aset yang selalu naik harganya adalah property dan banyak orang memiliki dana lebih menginvestasikan uangnya di bidang ini. Ketika para investor tersebut ingin menjual properti yang mereka miliki, mereka pun butuh beberapa jasa makelar properti yang bisa menjualnya.

Untuk menjalankan usaha sampingan dengan modal kecil ini tidak butuh modal biaya. Hanya membangun kepercayaan saja yang diperluka. Jangan pernah bosan untuk terus menambah wawasan kamu tentang dunia properti sehingga jaringan dan pengetahuan semakin bertambah terus setiap harinya untuk mendukung usaha ini.

Untu melakukan pemasaran usaha sampingan dengan modal kecil ini kamu bisa memasarkannya secara properti online. Kamu bisa menggunakan jasa blog marketing untuk membuat website, dengan cara display marketing untuk membuat banner iklan di internet, atau bisa juga dengan cara email marketing untuk langsung terhubung kepada orang yang kamu tawari. Akan tetapi, sebaiknya kamu juga memberikan informasi yang bermanfaat bagi mereka, dan tidak hanya penawaran saja.
  1. Agen Asuransi 
Menjadi agen asuransi juga bisa menjadi usaha sampingan dengan modal kecil yang bisa kamu coba. Karena bisnis ini tidak mengikat, dan tidak butuh modal, tetapi memberikan pendapatan secara berkelanjutan selama nasabah terdaftar dalam suatu program asuransi. Apalagi penghasilan yang sangat proporsional.

Untuk menjalankan usaha sampingan dengan modal kecil ini ada tahapan pengembangan diri lebih lanjut. Karena agen asuransi yang berprestasi biasanya mendapatkan kesempatan berkembang dengan diberikan berbagai macam training maupun kesempatan studi banding ke berbagai tempat di seluruh dunia untuk meningkatkan kalitasnya dalam bekerja.
Nah sahabat Bactiar.com demikian tadi bahasan mengenai usaha sampingan dengan modal kecil yang bisa kamu coba. jika kamu melakukan usaha tersebut dengan sungguhsungguh maka tidak menutup kemungkinan usaha tersebut menjadikan penghasilan utama. Mungkin cukup sekian informasi yang Bactiar.com sampaikan kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.