Minggu, 09 April 2017

4 Tips Bisnis Pakaian Dengan Modal Kecil


Tips Bisnis Pakaian - Guys, jumpa lagi dengan informasi artikel Bactiar.com yang menarik kali ini, karena kali ini Bactiar,com akan mengulik sedikit mengenai tips berbisnis pakaian yang bisa dijalankan dengan modal yang kecil. Arena bisnis pakaian adalah salah satu dari tiga bisnis yang tidak akan pernah surut karena merupakan kebutuhan pokok manusia yaitu sandang (pakaian), pangan (makanan), dan papan (properti).

Perlu kamu ketahui, bahwa peluang pasar dari bisnis pakaian masih sangat luas dan potensial untuk dimaksimalkan. Tingginya persaingan di bisnis pakaian dan masalah modal sering menjadi kendala bagi seseorang dengan modal minim untuk memulai bisnis pakaian.

Salah satu cara memenangkan pesaingan adalah dengan membangun brand atau merek produk yang kuat. Dalam kenyataannya, membangun merek ini membutuhkan proses yang panjang dan modal yang besar. Hal ini tentu tidak cocok bagi pemula dengan modal uang yang minim. Akhirnya banyak pemula dengan modal minim yang bangkrut dan menutup usahanya karena tidak bisa bersaing.

Tips Bisnis Pakaian Dengan Modal Kecil
Tips Bisnis Pakaian Dengan Modal Kecil

Karena itulah Bactiar.com akan memberikan tips bisnis pakaian dengan modal kecil yang bisa kamu jalankan. Kamu bisa menyimaknya dengan baik karena tips bisnis pakaian ini merupakan cara memulai bisnis pakaian walaupun dengan keterbatasan modal. Berikut ini adalah langkah-langkah memulai bisnis pakaian, agar kamu mudah memahami dan mempraktikannya.

Tips Bisnis Pakaian Dengan Modal Kecil

  1. Memulai Produksi Sendiri 
Tips bisnis pakaian yang harus diperhatikan ini adalah dengan cara memulai memproduksi sendiri pakaian yang akan dijual. Tetapi dalam hal ini kamu harus sudah mempelajari seluk beluk perbahanan, produksi, dan manajemen karyawan produksi. Proses ini akan cukup memakan banyak energi dan pikiran dengan kemungkinana risiko yang lebih besar di depan mata.

Tetapi dengan memperhatikan tips bisnis pakaian yang satu ini maka potensi keuntungan dan perkembangan bisnis yang kamu jalankan akan menanjak semakin pesat jika kamu sudah sukses dalam tahap yang satu ini. Meskipun ada beberapa orang yang sudah puas pada level stok produk dan sudah memiliki toko fisik sendiri.

Tetapi langkah yang satu ini sangat tepat bagi kamu yang menyukai tantangan dan mempunyai visi untuk membesarkan usaha menjadi lebih besar lagi. Dengan tips bisnis pakaian ini kamu akan mempumyai kontrol penuh terhadap usaha yang akan kamu jalankan.
  1. Mulai Stok Pakaian Sendiri dan Membuka Toko Fisik
Setelah itu tips bisnis pakaian selanjutnya yang harus kamu perhatikan ini adalah dengan cara memulai stok pakaian sendiri dan membuka toko fisik. Dalam hal ini sebaiknya hasil keuntungan yang telah kita peroleh jangan dihabiskan dulu tetapi dikumpulkan terus untuk modal perkembangan usaha selanjutnya.

Pada tips bisnis pakaian ini, kita sudah memiliki modal yang cukup banyak untuk stok produk sendiri dan mulai membuka toko fisik. Setelah itu pemasaran online terus dijalankan dengan dibantu oleh pemasaran offline melalui toko pakaian kamu. Selain itu kamu juga membutuhkan karyawan baru minimal 1 karyawan untuk melayani pembeli di outlet fisik tersebut.

Jika tips bisnis pakaian ini sudah berjalan, maka yang harus kamu kuasai yaitu ilmu manajemen persedian barang. Dimana semua harus tercatat setiap hari barang yang masuk dan keluar. Proses dalam tahap ini terus berlanjut sampai kamu mengunpulkan banyak modal untuk persiapan produksi sendiri.
  1. Mulailah Dengan Menjadi Reseller atau Dropshipper Pakaian 
Menjadi reseller atau dropsihpper pakaian juga termasuk salah satu tips bisnis pakaian yang wajib di jalankan. Karena dengan keterbatasan modal yang kita miliki, tidak perlu kita memaksakan untuk produksi sendiri atau membeli banyak stok pakaian. Sebagai pemula, yang perlu kamu lakukan adalah belajar sampai mahir di pemasaran pakaian.

Tips bisnis pakaian ini bisa dengan menjalin hubungan spesial dengan supplier terpilih. Setelah menemukan supplier terbaik, kamu bisa menjalin hubungan baik dengan supplier. Komunikasikan keinginan kamu, dan utarakan sistem kerja sama yang ingin dijalin, sehingga supplier paham dan mendapatkan sistem yang win - win solution.

Dengan mencari supplier produk adalah tips bisnis pakaian yang sangat penting. Pilihlah Supplier yang terpercaya dan pro aktif dalam kerja sama. Terkadang ada supplier bagus tapi susah di ajak kerja sama atau malah sebaliknya. Dalam hal ini kamu tidak perlu buru-buru memutuskan, dalam perjalanan kamu akan menemukan supplier terbaik yang bisa jadikanlah rekan bisnis ke depan.

Berjualan dengan ilmu juga menjadi tips bisnis pakaian yang sangat dibutuhkan seperti berjualan secara online dan dengan sistem dropship. Dengan sistem dropship, ada dua keuntungan sekaligus yang kamu dapatkan. Pertama tidak perlu keluar modal untuk stok produk, kedua tidak perlu keluar uang untuk sewa tempat usaha.

Karena aaat ini sistem dropship telah membuka peluang dan menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi siapa saja yang mau dan berusaha, bahkan dengan modal uang hampir nol rupiah. Tetapi yang kita butuhkan hanya modal tetap keluar untuk koneksi internet kita. Dengan sistem dropship, kita bisa menghemat modal untuk keperluan yang lebih penting yaitu investasi dalam promosi dan penjualan.

Sebaiknya tips bisnis pakaian yang bisa kamu coba ini adalah dengan belajar teknik marketing online secara otodidak melalui googling, tetapi akan lebih baik jika kamu berinvestasi lebih di bidang marketing ini, karena di sini lah kunci dari bisnis. Jika kamu sudah menguasai ilmu marketing online, maka kamu bisa menjual apa saja, ini akan menjadi bekal dan modal utama dalam membangun bisnis selanjutnya.

Dalam marketing online ada tiga hal yang harus diperhatikan yakni Search Engine Optimization (SEO), Social Media Optimation (facebook, twitter, Instagram, dll) , dan paid traffic source. Kamu tidak harus menguasai semuanya, karena memang akan membutuhkan banyak waktu mempelajari tips bisnis pakaian ini. Kamu menjadi mahir di salah satu bidang saja, sudah cukup membuat kebanjiran order.
  1. Membangun Sistem Kemitraan 
Inilah tips bisnis pakaian terakhir yang harus kamu jalankan yakni memnbangun sistem kemitraan setelah kamu mampu memproduksi pakaian sendiri. Kamu bisa membuat sistem kemitraan pakaian dalam bentuk distributor, agen, dan reseller. Paket distributor untuk mitra yang bekerja sama dalam jumlah besar. Paket agen untuk mitra pembelian sedang. Paket reseller untuk pembelian jumlah kecil.

Tips bisnis pakaian dengan sistem kemitraan ini adalah cara terbaik untuk menjaga stabilitas produksi pakaian kamu dan terus membesarkannya. Pada tahap ini, posisi bisnis kita lebih banyak melayani unit bisnis lain atau biasa sering disebut dengan Business to Business (B2B). Bukan lagi melayani konsumen akhir seperti di dua tahap awal kita mulai berbisnis, seringkali disebut Business to Customer (B2C).
Guys, demikian tadi uraian mengenai tips memulai bisnis pakaian dengan modal kecil yang telah dibahas dalam artikel Bactiar.com . Dengan keterbatasan modal yang kita miliki, bukan berarti kita tidak bisa memulai bisnis pakaian. Yang terpenting kamu bisa menguasai beberapa tips bisnis pakaian diatas terlebih dahulu. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan selamat mencoba.

4 Tips Bisnis Pakaian Dengan Modal Kecil Rating: 4.5 Posted By: Bactiar Dotcom