Tips Usaha Ternak Ayam Potong Untuk Pemula Biar Sukses

Tips Usaha Ternak Ayam Potong - Hallo sahabat, masih tetap bergabung dengan artikel Bactiar.com kan, kali ini Bactiar.com akan menginformasikan mengenai beberapa tips usaha ternak ayam potong terutama bagi kamu para pemula yang akan menjadikan salah satu peluang usaha yang sangat menguntungkan. Dan karena itulah hal itu akan kita bahas secara lengkap pada kesempatan ini dalam artikel Bactiar.com

Biasanya usaha ternak ayam potong atau yang biasa dikenal dengan ayam broiler ini adalah salah satu usaha yang sudah sejak lama dikenal, tetapi kebutuhan akan ayam potong ini semakin hari juga semakin meningkat. Meningkatnya kebutuhan protein dari ayam potong ini tidak diimbangi dengan bertambahnya jumlah peternak ayam potong.

Hal tersebut menyebabkan dihari-hari tertentu seperti lebaran misalnya harga ayam potong perkilonya mampu menembus hingga harga Rp. 40.000,-/kg, sedakan biaya produksinya hanya berkisar antara Rp. 10.000,- hingga Rp. 15.000,- saja perkilogramnya. Em pasti untung sekali bukan para peternak ayam potong pada saat itu. Karena itulah kamu bisa mecoba beberapa tips usaha ternak ayam potong ini.

Nah Jika dari selisih harga ini seharusnya menjadi daya tarik untuk kamu, kenapa harus menggeluti secara serius usaha peternakan ayam potong ini. Tetapi sebelum kamu memulai berternak ayam potong kamu harus tahu dengan detail seluk beluk seputar ayam potong ini. Karena ternak ayam potong mempunyai resiko kematian yang lebih tinggi jika dibandingkan ayam petelur.

Tips Usaha Ternak Ayam Potong Untuk Pemula Biar Sukses
Tips Usaha Ternak Ayam Potong Untuk Pemula Biar Sukses

Untuk itu pengetahuan dan penanganan yang benar harus sudah kamu kuasai sebelum mulai terjun kedunia usaha ini dan jika kamu ingin mengetahui apa saja tips usaha ternak ayam potong yang bisa kamu coba, kamu harus menyimak informasi dalam artikel Bactiar.com di bawah ini. Berikut ini adalah beberapa tips usaha ternak ayam potong yang bisa kamu coba agar usaha kamu semakin baik.

Tips Sukses Usaha Berternak Ayam Potong Untuk Pemula

Yang pertama tips usaha ternak ayam potong ini adalah dengan membuat kandang yang ideal agar bisa menyeuaikan pencahayaan matahari yang masuk ke dalam kandang dan kebutuhan angin ayam potong secara baik. Serta juga harus juga dijaga suhu runagan ayam agar selalu tetap hangat, karena suhu ruangan berperan penting agar ayam potong dapat bertahan hidup.

Selain itu tips usaha ternak ayam potong lainnya yang juga harus kamu perhatikan adalah kemudahan sumberdaya listrik dan sumber airnya. Jika kandang sudah jadi dan siap untuk digunakan maka pasang peralatan untuk menyambut DOC ayam potong, yang utama seperti penghangat, sekat dan litter. Dan siapkan juga peralatan makan dan minumnya agar lebih bersih.

Tips usaha ternak ayam potong yang perlu diperhatikan yakni dalam waktu 14 hari pertama kamu harus memberikan perhatian ekstra intensif pada ayam-ayam tersebut, karena masa ini sangat penting untuk kesuksesan usaha kamu dimana kehidupan ayam pada saat usia itu masih rentan terhadap suhu ruangan yang akan membuat ayam hidup atau tidak.

Dalam masa itu perhatikan juga suhu ruangan dalam waktu 14 hari pertama ini, jika anak ayam banyak yang bergerombol itu berarti suhu ruangan kurang hangat, tetapi jika sudah mulai menyebar berarti suhunya pas namun juga jangan sampai terlalu panas karena jika terlalu panas juga akan berpengaruh dan membuat ayam akan cepat mati, karena itulah tips usaha ternak ayam potong ini sangat penting.

Selain itu tips usaha ternak ayam potong yang harus kamu lakukan yakni dengan memberikan vaksinasi, tetapi pemberiannya pada ayam potong tersebut tepat pada hari ke-7, ke-14 dan ke-21. Sedangkan untuk pemberian antibiotik dan vitamin pada minuman ayam bisa diberikan mulai hari ke-5 hingga hari ke-10 sebelum masa panen ayam.

Tetapi khusus vitamin dapat diberikan hingga masa panen tiba. Setelah melewati masa 14 hari pertama maka selanjutnya akan lebih mudah karena kita hanya perlu mengontrolnya sehari 2 kali saja untuk melihat kebutuhan pakannya saja, tips usaha ternak ayam potong ini bisa terus dilakukan hingga masa panen ayam potong tiba.

Sebelum melakukan usaha ayam potong ada baiknya jika kamu mengetahui beberapa tips usaha ternak ayam potong kali ini yaitu dengan cara menganalisa perhitungan modal awal untuk menjalankan usaha ternak ayam broiler. Dalam menjalankan usaha ini ada dua jenis modal yang harus kamu ketahui yakni modal tidak tetap dan juga modal tetap.

Sedangkan tips usaha ternak ayam potong untuk modal tetapnya untuk membeli 5 buah kandang ayam dengan ukuran masing-masing 3 x 3 m dengan harga Rp 300.000, untuk membeli 10 buah tempat minum ayam seharga Rp 60.000, untuk membeli 10 buah tempat makan ayam seharga Rp 40.000, dan untuk mmbeli 4 buah lampu penerang seharga Rp. 20.000. Jadi total biaya tetap ini mencapai Rp 420.000,-

Tips usaha ternak ayam potong untuk modal tidak tetap ini bisa diakumulasi dengan perhitungan biaya untuk membeli 200 ekor anak ayam biasanya mencapai Rp. 100.000, membeli 5 karung kosentrat (BR) seharga Rp. 625.000, membeli obat-obatan segarga Rp. 100.000, dan untuk biaya listrik sebesar Rp. 25.000. Jadi total biaya tidak tetap untuk usaha ternak ayam ini mencapai Rp 850.000,-

Setelah kamu mengetahui berbagai tips usaha ternak ayam potong diatas maka kamu sudah mengetahui perhitungan modal tidak tetap dan modal tetapnya. Jadi bisa kita simpulkan keseluruhan modal yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha ternak ayam potong ini mencapai Rp. 1.270.000,-.
Nah sahabat, demikianlah sedikit tips usaha ternak ayam potong untuk pemula yang telah kami informasikan dalam artikel Bactiar.com. Semoga dari tips usaha ternak ayam potong yang kami ulas diatas dapat menambah sedikit pengetahuan kamu sebelum mulai berternak ayam potong. Cukup sekian dulu informasi kali ini dan sampai jumpa lagi.