10 Cara Menghasilkan Uang di Youtube Bagi Pemula Dengan Mudah

Cara Menghasilkan Uang di Youtube

Saat ini youtube menjadi sebuah tempat dengan lahan yang sangat hijau karena gaji google adsense dari youtube sangat menggiurkan.

Sudah menjadi hal yang umum jika lahan hijau seperti itu akan di kerumuni oleh para pemburu cuan. Mungkin salah satunya adalah saya dan juga kamu. Meski di tahun ini sudah tidak mudah lagi mencari trafik di youtube, tapi masih ada potensi bagus.

Beberapa tahun yang lalu sangat mudah untuk mendapatkan penonton di youtube, tapi pada beberapa tahun terakhir ini sangat susah. Hal ini di karenakan persaingan untuk menjadi konten kreator youtube sangat besar, jadi para kreator berebut penonton.

Tapi hal itu tidak akan mematahkan semangat para pemburu adsense di youtube, meski youtube sudah ramai dengan konten kreator, pada kenyataanya saat ini juga masih banyak yang baru menjadi konten kreator di youtube.

Karena itu bactiar.com akan membahas 10 cara menghasilkan uang di youtube bagi pemula dengan mudah. Semoga saja tutorial youtube yang satu ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.

Cara Menghasilkan Uang di Youtube Bagi Pemula Dengan Mudah

1. Mulai Membuat Channel Youtube

Langkah pertama untuk mempunyai channel youtube adalah membuat akun youtube terlebih dahulu. Untuk itu kamu bisa menggunakan akun google untuk membuat channel youtube. Tentu kamu sudah mempunyai akun google bukan?

Kebanyakan HP android wajib untuk mempunyai akun google atau email google. Buat kamu yang tidak punya akun google wajib daftar dengan mengisi form yang sudah di sediakan, mudah saja karena tinggal mengikuti alurnya saja.

2. Memilih Niche, Nama dan Logo 

Berikutnya adalah menentukan niche atau tema channel youtube kamu, usahakan membuat channel youtube dengan 1 tema saja agar lebih mudah di rekomendasikan oleh youtube. Disisi lain jika 1 niche, youtube akan lebih mudah mengenali channel youtube kamu.

Jika sudah menemukan niche yang sesuai dengan kamu, selanjutnya kamu bisa memilih nama channel youtube kamu. Usahakan sesuai dengan niche kamu atau kamu juga bisa membranding nama kamu lewat channel youtube kamu.

Niche dan nama channel youtube sudah, kini saatnya membuat logo untuk channel youtube kamu. Logo sangat penting bagi channel kamu, karena dengan logo akan memberikan identitas atau ciri khas dari channel kamu di banding channel lain.

3. Upload Video Rutin

Sebenarnya sebelum upload video ini, ada tahap yang mungkin bisa kita lakukan nanti saja, yakni optimasi deskripsi dan tag di bagian setelah youtube studio. Kamu bisa setting sekarang juga atau nanti saja sambil jalan juga tidak apa-apa.

Sebelum upload video pastinya kamu edit video terlebih dahulu, saya punya beberapa rekomendasi tools editing video yang di gunakan di HP yakni capcut dan kinemaster. Kamu bisa coba install dan pilih mana yang cocok buat kamu.

Upload video secara rutin akan memberikan nilai lebih untuk penilaian youtube, karena di anggap channel youtube kamu aktif. Kamu bisa upload video seminggu sekali, seminggu 2 kali atau setiap hari akan makin bagus.

Usahakan membuat video yang mempunyai kualitas bagus versi kamu, saya tidak menyarankan kuantitas. Dengan membuat video yang berkualitas akan membuat pengunjung betah menonton dan potensi menjadi subscriber akan sangat besar.

4. Monetisasi Channel Youtube

Syarat untuk bisa mendapatkan penghasilan dari adsense youtube adalah channel kamu harus mempunyai 1000 subscriber dan 4000 jam tayang untuk video panjang atau 1000 subscriber dan 10 juta tayangan untuk shorts video.

Jika sudah memenuhi syarat kamu bisa masuk ke akun YouTube kamu, klik logo channel kamu yang letaknya di sebelah kanan atas dan klik "Youtube Studio". Setelah itu pada menu di sebelah kiri, pilih "Penghasilan" dan jika sudah memenuhi syarat klik "Enable Monetisation".

Setelah itu kamu bisa menyetujui agreement yang ada agar bisa segera di monetize youtube kamu. Kini channel youtube kamu sudah bisa menghasilkan pundi-pundi uang jika video kamu di tonton oleh orang lain.

5. Penghasilan Selain Google Adsense

Tidak harus melulu google adsense untuk cara menghasilkan uang di youtube, meskipun google adsense adalah tujuan utama kita untuk monetize yotube kita. Tetapi ada banyak jalan untuk mendapatkan uang dari youtube selain dari google adsense.

Asalkan kita fokus memberikan kualitas video yang bagus, tentu akan membuat subscriber channel kamu bertambah dengan pesat. Nantinya seiring perkembangan channel kamu, akan banyak peluang kerjasama yang bisa kamu dapatkan.

Oke deh langsung saja kita bahas di poin berikutnya bagaimana cara menghasilkan uang di youtube bagi pemula dengan mudah selain dari google adsense.

6. Promosi Toko Online Lewat Video

Jika kamu mempunyai produk untuk di jual dan kamu mempunyai toko online baik itu berbentuk website atau marketplace, kamu bisa mempromosikan dagangan kamu tersebut lewat video di youtube.

Pernah lihat kan seorang youtuber di sela-sela kontennya, ia mempromosikan sebuah produk dan kemudian link produk yang di promosikan tersebut di taruh di bagian deskripsi video? Tentu ini menjadi peluang yang bagus untuk para youtuber bisa sambil jualan.

Teknik yang di gunakan biasanya soft selling, dengan cara yang halus merekomendasikan sebuah produk padahal ujung-ujungnya jualan. Teknik ini bisa kamu pakai dalam mempromosikan toko online atau produk jualan kamu.

Jika kamu tidak punya toko online, biar lebih mudah kamu mulai membuka toko di marketplace yang sudah besar seperti misalkan saja shopee, tokopedia, tiktok shop dan lainnya.

7. Jadi Affiliate Lewat Trafik Youtube

Saat ini affiliate marketing memang sangat luar biasa potensinya, bahkan ada yang sampai ratusan juta mereka dapat dari affiliate marketing ini. Sebenarnya sederhana saja sistem kerja affiliate ini, kamu hanya perlu menyebar link yang sudah di sediakan.

Nanti jika link tersebut di klik oleh orang dan orang tersebut membeli produk yang kamu rekomendasikan, kamu akan mendapatkan komisi sekian persen tergantung penyedia program affiliatenya.

Beberapa contoh program affiliate yang sudah besar dan terkenal yakni shoppe affiliate, tiktok affiliate, lazada affiliate, niaga hoster affiliate, ratakan dan masih banyak lagi yang lainnya. Nanti saya akan membahas semuanya untuk kamu, jadi terus pantengin blog bactiar.com ini.

Kamu bisa bikin video yang relate dengan produk yang akan kamu promosikan. Ambil link affiliate dari penyedia program affiliate, kemudian pasang link tersebut di bagian deskripsi video kamu.

Jika video kamu itu rame, tidak hanya penghasilan dari google adsense saja yang akan kamu dapat, tetapi potensi link affiliate kamu di klik orang dan terjadi penjualan juga akan memberi komisi buat kamu.

8. Kerjasama Dengan Perusahaan atau Brand

Jika channel youtube kamu sudah mempunyai kunjungan yang banyak dan subscriber kamu sudah luar biasa, kamu akan berpotensi untuk di hubungi perusahaan atau brand untuk di ajak kerjasama.

Kerjasama dalam bentuk apa? Biasanya kerjasamanya adalah brand atau perusahaan meminta kamu untuk mempromosikan brand atau produk mereka.

Karena trafik yang kamu miliki besar dan kamu sudah menjadi seorang influencer dengan pengikut banyak, tidak menutup kemungkinan kerjasama ini terjadi.

Untuk penghasilan dari kerjasama yang kamu jalin ini bisa kamu nego dengan perusahaan atau brand yang bersangkutan. Kamu bisa mengukur kualitas kamu kira-kira kalau kerjasama dengan kamu itu nominalnya berapa, atau kamu juga bisa nyontek kompetitor.

9. Live Streaming di YouTube

Biasanya sih aktivitas live di youtube ini dilakukan oleh para youtuber gaming atau para mentor bisnis. Tidak hanya mereka saja, banyak kok channel youtube jenis lain yang melakukan live streaming.

Biasanya live streaming di lakukan hanya untuk menyapa para subscriber, membahas sesuatu yang penting atau untuk para youtuber gaming ya main game saja. Uangnya dari mana kalau kita live di youtube seperti ini?

Uangnya biasanya dari donasi atau biasa di sebut dengan saweran. Kamu bisa membuat akun sawer agar para penonton bisa memberikan kamu uang. Akun sawer tersebut seperti saweria.co, trakteer.id dan sociabuzz.

Jika seseorang mendapatkan manfaat atau merasa terhibur dengan live streaming kamu, mereka akan dengan senang hati memberikan kamu uang atau sawean pada kamu lewat layanan dunasi yang sudah saya sebutkan tadi.

10. Uang Dari Shorts Fund

Beberapa waktu yang lalu, youtube telah merilis youtube shorts yakni video pendek yang di gadang-gadang adalah pesaing dari tiktok video dan reels instagram. Banyak yang mengatakan jika youtube shorts ini sebagai counter dari aplikasi pendek lain.

Ternyata youtube menggebrak dengan memberikan bayaran kepada konten kreator youtube shorts. Ini merupakan kelebihan luar biasa jika di banding dengan reels dan tiktok, karena reels dan tiktok tidak memberikan bayaran pada para konten kreatornya.

Jadi sekarang tidak hanya video reguler atau video panjang saja di youtube yang dapat menghasilkan uang. Mungkin selain fokus di video durasi panjang, kamu juga bisa mulai serius jadi konten kreator youtube shorts.

Sekian artikel yang membahas tentang cara menghasilkan uang di youtube bagi pemula dengan mudah ini, semoga saja konten ini bermanfaat dan membangkitkan semangat kamu untuk mulai menciptakan karya video di youtube.

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Artikel